Monitoring harddisk dengan HD Tune Pro 4.01

Posted on | Selasa, 24 Agustus 2010 | 2 Comments

Disini saya akan sedikit membahas tentang HD Tune Pro, yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda-anda yang tiap hari ngoprek komputer. HD Tune Pro adalah sebuah Software utility yang berfungsi untuk monitoring kondisi Harddisk komputer. Fungsi monitoring Hd Tune Pro antara lain :  benchmark kecepatan akses read dan write harddisk, pengecekan kondsi fisik harddisk (monitoring bad sector), monitoring suhu pada harddisk,  info menyeluruh terhadap harddisk anda, dan fungsi yg paling ekstrim adalah menu secure erase harddisk yg mana berfungsi menghapus total seluruh isi harddisk anda secara aman dan tidak dapat di recovery lagi  sehingga dapat meminimalkan kebocoran data pribadi yg terdapat pada harddisk anda.

Ok, sekarang mari kita ulas kinerja dan fungsi dari HD Pro 4.01 : 
1. Benchmark for Performance
Fitur ini digunakan untuk mengetahui performa harddisk. Pada fitur ini anda bisa melihat tetangguhan harddisk yang anda miliki, Anda dapat mengetahui kecepatan akses data di harddisk, Burst Rate, yaitu besarnya data yang dapat dikirimkan kedalam harddisk. Dan mengetahui CPU Usage (akses CPU terhadap harddisk).

2. Health DiskFitur ini untuk mengetahui kesehatan dari harddisk Anda, dengan adanya fitur  S.M.A.R.T. (Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology), HD Tune Pro memberikan informasi pada Anda tentang kesehatan harddisk yang meliputi :
  • Identitas Harddisk
  • Kapasitas Harddisk
  • Data dengan nilai terburuk yang ada didalam harddisk
  • Menampilkan data-data yang ada didalam harddisk
  • Status parameter harddisk

 3. Error Scan
Fitur ini untuk mengetahui kerusakan pada harddisk Anda. Kerusakan secara fisik alias bad sector dapat diketahui dengan fitur ini. Proses scan sendiri tergantung dari kapasitas harddisk Anda, semakin besar kapasitas maka waktu scanning akan semakin lama. Indikator blok warna hijau menunjukkan bahwa cluster-cluster tersebut dalam kondisi sehat, jika berwarna merah kemungkinan ada bad sector.

4. Temperatur Harddisk
Fitur ini digunakan untuk memantau suhu pada harddisk. Aplikasi ini akan memberikan peringatan jika suhu harddisk sudah pada ambang batas maksimal. Pemakaian komputer secara terus menerus dapat meningkatkan suhu pada harddisk. Suhu yang terlalu tinggi pada harddisk dapat merusak harddisk tersebut.


5. ERASE HARDDISK
Fitur ini digunakan untuk menghapus isi harddisk anda secara aman ( secure erase ) dengan menggunakan 4 metode pilihan:

    Zero Fill
    Random fill
    DoD 5220.22M
    Gutmann

Aplikasi ini sangat bagus digunakan untuk memantau  komputer, karena filenya sangat kecil (1,66MB)  dan hanya menggunakan sedikit resource pada cpu anda. Untu mengunduhnya anda bisa mendownload "DISINI"

Comments

2 Responses to “Monitoring harddisk dengan HD Tune Pro 4.01”

  1. Pelangsing Badan Alami
    Rabu, April 01, 2015

    salam sehat

  2. Pelangsing Badan Alami
    Rabu, April 01, 2015

    salam sehat

Postkan Komentar Anda

blog-indonesia.comBlogger IndramayuBlog Directory

Technology blogs

free counters