Fungsi Masing-Masing Komponen Komputer

Posted on | Rabu, 26 Januari 2011 | 7 Comments

MOTHERBOARD
Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

Fungsi Motherboard
Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
  • Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
  • Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain.
  • Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard. 


 PROCESSOR
Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.

Fungsi Processor
Fungsinya adalah memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse, keyboard, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer sendiri semacam translator gampangnya. Karena fungsinya begitu besar, memilih prosesor dalam membangun suatu sistem sangat penting. Coba di arrange akan di pakai apa PC tersebut, Server, Gaming, Workstation, Multi Proses, Editing, Administrasi, Atau cuma sekadar punya saja.


 RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.

Fungsi Memory/RAM
Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. 


VIDEO CARD
Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

Fungsi VGA
Kartu VGA memungkinkan komputer monitor untuk menampilkan piksel, unit dasar dari komponen gambar, pada tingkat dasar. Resolusi dasar yang ditawarkan oleh kartu VGA biasanya pada nilai 640 x 480 piksel. Komputer dengan IBM sistem operasi biasanya ditampilkan dalam VGA ketika boot up. Kartu grafis atau driver hardware lalu nyalakan, menawarkan fungsi-fungsi lanjutan grafis.


SOUND CARDKartu suara merupakan komponen di dalam komputer yang menyediakan audio input dan output kemampuan. Kebanyakan kartu suara memiliki minimal satu analog input stereo baris dan satu baris output koneksi. Konektor 3,5 mm biasanya minijacks, yang merupakan ukuran headphone yang paling digunakan. Beberapa kartu suara juga mendukung digital audio input dan output, baik melalui (TRS tip-ring-sleeve) sambungan standar atau melalui port audio optik, seperti TOSLINK konektor.

Fungsi Sound Card
Fungsi kartu suara sebagai prosesor audio untuk komputer Anda. Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartu suara komputer. Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem komputer Anda, dengan sifat keras diprogram dan driver perangkat terpisah. Kartu suara mengontrol semua audio pada komputer.
 


HARD DISC

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.
Fungsi Hardisk
Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.


OPTICAL DISC DRIVE
Dalam dunia nyata, "optik" mengacu pada visi, atau kemampuan untuk melihat. Dalam dunia komputer, bagaimanapun, "optik" mengacu pada laser, yang bisa "melihat" dan membaca data pada cakram optik. Disk ini termasuk CD dan DVD, yang terdiri dari jutaan benjolan kecil dan dips. Optical drive memiliki laser yang membaca benjol dan dips sebagai satu dan nol, yang komputer dapat mengerti.

Fungsi Optical Disc Drive
Untuk melakukan berbagai tugas seperti membaca data dari komputer dan mendengarkan audio.
 

MONITOR
Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.
KEYBOARD
Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

Fungsi Keyboard
Keyboard memainkan peran penting dalam "masukan informasi". Hanya melalui bantuan keyboard, pengguna dapat masukan perintah operasi yang diperlukan dan data teks ke dalam komputer. Jika tidak, komputer tidak ada proses, dan tidak dapat menerima petunjuk operasi pengguna.
MOUSE
Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

Fungsi Mouse
Mouse adalah perangkat penunjuk yang menavigasi kursor di layar komputer. There are usually two, sometimes three, buttons on modern mouses that serve as selection tools. Biasanya ada dua, kadang-kadang tiga, tombol pada mouse modern yang berfungsi sebagai alat seleksi.
POWER SUPPLY
Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.
Fungsi Power supply
Fungsi dasar dari power supply adalah mengubah jenis daya listrik yang tersedia di stopkontak, 120 volt, 60 Hz, menjadi arus komputer dapat digunakan, +5 dan +12 volt DC saat ini. Biasanya komponen elektronik digital dan sirkuit di komputer, seperti motherboard, kartu adaptor, dan papan disk drive logika, gunakan +5 volt power, dan kipas dan motor disk drive menggunakan daya +12 volt. Untuk komputer untuk berjalan dengan baik, pasokan dari kedua jenis arus harus diberikan setiap saat.


 CASING
azfae.blogspot.com
Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.
Fungsi Casing 
  • Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja
  • Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.
  • Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun, menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU.
  • Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat dudukan tombol-tombol maupun lampu-lampu.
  • Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.

Comments

7 Responses to “Fungsi Masing-Masing Komponen Komputer”

  1. industry maintennance
    Selasa, November 27, 2012

    keren

  2. cleaning services
    Selasa, November 27, 2012

    bagus

  3. Armstrong Indonesia
    Selasa, November 27, 2012

    mantap

  4. motivator indonesia
    Selasa, November 27, 2012

    salam kenal

  5. rumah disewa
    Selasa, November 27, 2012

    semoga bermanfaat

  6. jantung koroner
    Selasa, November 27, 2012

    tips yang bagus

  7. khusnul marlia
    Kamis, Desember 04, 2014

Postkan Komentar Anda

blog-indonesia.comBlogger IndramayuBlog Directory

Technology blogs